Header AD

Intip Manfaat Penting Imunisasi DPT yang Jarang Diketahui


Imunisasi DPT merupakan salah satu jenis vaksin rutin yang umumnya diberikan pada usia anak, ketika usianya belum menginjak satu tahun. Vaksin jenis ini hanya diizinkan di suntik oleh dokter profesional atau tenaga medis yang sudah ahli dan sering menangani vaksin tersebut. Perlu Anda ketahui, bahwa vaksin jenis ini bekerja dengan proses memasukan sebuah bakteri yaitu difteri, pertusi dan tetanus yang sebelumnya telah dilemahkan kemudian di suntikan ke dalam tubuh. Hal ini bertujuan untuk menambah kekebalan tubuh, terutama dalam mencegah ketiga jenis bakteri atau infeksi yang akan memicu terjadinya ketiga jenis penyakit tersebut dikemudian hari.

Sebelum melakukan vaksin DPT, Anda sebaiknya mengatakan mengenai kondisi kesehatan terkini kepada dokter yang akan menangani, seperti jika dalam waktu tersebut sedang mengkonsumsi jenis obat maupun suplemen tertentu agar dokter dapat mengambil tindakan yang tepat. Terlebih lagi, ada berbagai jenis obat yang dapat menimbulkan reaksi tertentu ketika dikonsumsi bersamaan dengan proses suntik vaksin yang satu ini. Anda juga disarankan agar melakukan tes reaksi alergi terlebih dahulu karena pemberian vaksin DPT juga dapat memberikan efek samping.

Cara pemberian vaksin yang satu ini adalah dengan cara menyuntikan langsung ke bagian otot atau intramuskular. Area yang tepat untuk penyuntikan ini yaitu bagian depan paha atas dan tidak dianjurkan pada bagian lain karena dapat merusak jaringan saraf tertentu jika sampai salah. Imunisasi DPT merupakan kombinasi untuk melawan tiga jenis infeksi yang sekaligus akan memerangi gejala penyakit seperti di bawah ini agar tidak menimpa Anda, antara lain:
  • Difteri.
Jenis infeksi bakteri yang satu ini memiliki dampak buruk terhadap jalur sistem pernafasan, sehingga jika seseorang mengalami penyakit difteri, maka kemungkinan besar yang dapat terjadi adalah hambatan pada saluran pernafasan.
  • Tetanus.
Tetanus dapat menyerang siapa saja, tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Hal ini diakibatkan racun yang diproduksi bakteri akan masuk ke bagian tubuh melalui luka yang dialami oleh pasien. Tetanus merupakan jenis penyakit yang dapat menyebar dengan cepat ke bagian tubuh dan berakibat fatal jika tidak segera ditangani dengan tepat.
  • Pertusis.
Sedangkan jenis gangguan kesehatan yang satu ini, merupakan penyakit umum seperti batuk dan pilek namun, jika tidak segera ditangani dapat menimbulkan komplikasi serius terutama jika terjadi pada usia anak atau balita.

Efek samping yang umumnya terjadi pada pasien pasca melakukan suntik vaksin DPT sangat beragam, mulai dari reaksi ringan sampai berat pada kondisi pasien tertentu. Seperti misalnya muncul rasa nyeri yang disertai bengkak kemerahan pada bagian yang di suntik, maupun demam. Pada beberapa kasus biasanya anak juga akan mengalami muntah, lemas, rewel dan tidak nafsu makan untuk beberapa saat. Oleh sebab itu, jika salah satu efek samping tersebut terjadi, Anda tidak perlu khawatir karena merupakan kondisi yang normal.

Selain menjadi jenis vaksin rutin yang dilakukan pada usia balita, sebenarnya imunisasi DPT juta dapat diberikan pada kondisi tertentu, misalnya orang dewasa terutama ibu hamil yang pada masa kecil belum pernah mendapatkan jenis imunisasi ini, atau pada seseorang yang akan melakukan perjalanan jauh maupun berkunjung ke suatu tempat dimana banyak terjadi kasus penyakit DPT. Terlebih lagi, pada pengasuh anak atau babysitter yang akan sering menjalin kontak langsung dengan si kecil, maka sangat penting diberikan vaksin jenis ini. 

Intip Manfaat Penting Imunisasi DPT yang Jarang Diketahui Intip Manfaat Penting Imunisasi DPT yang Jarang Diketahui Reviewed by Admin on 14:22 Rating: 5

No comments

Post AD