Header AD

KTA Tanpa Kartu Kredit VS Kartu Kredit, Mana yang Terbaik?



Ketika Anda hendak membahas tentang perbandingan antara KTA tanpa kartu kredit dengan kartu kredit, sebaiknya tanyakan juga, “Menurut pandangan siapa?” Sebab, segmentasi serta ceruk pasar keduanya sangat berbeda. Untuk memahami peta manfaat serta kegunaan keduanya, mari kita telusuri perbandingan dari berbagai segi.

Perbandingan dari Segi Popularitas
Berhubung diluncurkan lebih dulu, pasti lebih banyak yang mengenal kartu kredit daripada KTA tanpa kartu kredit. Terlebih lagi dengan seringnya kampanye tak langsung terkait penggunaan kartu kredit di media pertelevisian swasta. Salah satu yang paling memengaruhi masyarakat untuk menggunakan kartu kredit antara lain laku para pesinetron di film-film.

Penggunaan kartu kredit di perfilman tersebut mencerminkan aktivitas sehari-hari kaum urban. Dalam kenyataannya, justru lebih banyak kaum urban yang tidak memiliki kartu kredit. Berbeda dengan KTA tanpa kartu kredit yang muncul belakangan. Popularitasnya didukung oleh fungsi serta penggunaan langsung oleh berbagai lapisan masyarakat.

Perbandingan dari Segi Proses Pendaftarannya
Kita semua tahu, bahwa untuk mendaftarkan diri sebagai calon pemegang kartu kredit itu sedikit ruwet. Limit besar yang bisa sampai ratusan juga tentu harus ditebus dengan beragam upaya ketika mendaftarkan diri. Data-data pribadi yang diserahkan ke pihak penerbit kartu kredit harus lengkap. Tidak hanya itu.

Anda juga wajib sanggup untuk membayar cicilan secara rutin, termasuk bunga yang dibebankan ketika Anda menggunakan fitur tarik tunai. Belum lagi ada survei yang dilakukan oleh penerbit kartu kredit untuk menetapkan proses validasi data-data Anda. Pendek kata, proses pendaftaran tersebut cukup alot dan berlangsung hingga hitungan mingguan.

Memang sekarang ada kartu kredit yang tersedia secara gratis dan bisa didapatkan hanya dengan modal e-mail serta identitas pribadi. Akan tetapi, tidak semua merchant menjadi mitra dari penerbit kartu kredit versi daring atau VCC itu. Pendek kata, soal pendaftaran masih kalah jika dibandingkan dengan apa yang diterapkan pada KTA tanpa kartu kredit.

Ilustrasi
Contoh pendaftaran KTA tanpa kartu kredit paling ideal ada di Tunaiku. Persyaratannya sangat sederhana. Anda tidak wajib punya rekening tabungan maupun kartu kredit. Persyaratannya cuma mengandalkan data-data valid dari KTP, NPWP, slip gaji, serta nomor kerabat terdekat yang tidak tinggal dalam satu rumah.

Pencairannya juga sangat cepat. Kurang dari 3 hari, dana sudah bisa Anda nikmati untuk beragam kebutuhan sehari-hari. Prosedur pendaftarannya mulai dari mengunduh aplikasi Tunaiku lewat Google Play Store. Lalu, pasang, buka, dan isi hal-hal yang dibutuhkan oleh Tunaiku terkait dengan pendaftaran.

Dalam waktu kurang dari 24 jam, penyedia layanan KTA tanpa kartu kredit ini akan memberikan konfirmasi, apakah Anda layak menuju ke tahap berikutnya atau tidak. Kalau iya, barulah Anda diminta untuk menandatangani perjanjian kontrak pinjaman instan. Setelah itu, tinggal menunggu dana cair kurang dari 3 hari. Sangat sederhana dan mudah diikuti, kan?

Perbandingan dari Segi Peruntukannya
Sejak awal, kartu kredit di-setting untuk menjadi kartu khusus berbelanja. Tapi seiring berkembangnya zaman, peruntukannya mulai bercabang. Sekarang, kartu kredit bisa digunakan untuk perantara pengiriman uang dari dalam negeri ke luar negeri. Begitu pula sebaliknya. Bisa pula digunakan sebagai jaminan ketika hendak membeli barang secara kredit.

Sedangkan KTA tanpa kartu kredit sejak awal di-setting untuk berbagai keperluan. Dengan bentuknya yang langsung tunai, tentu bisa digunakan untuk renovasi rumah, membayar DP serta booking rumah baru, jalan-jalan, dan sebagainya. Tidak seperti kartu kredit yang ketika ditarik tunai akan dikenakan bunga. KTA bisa cair tanpa dikenakan bunga sama sekali.
Perbandingan dari Segi Bunga Keterlambatan

Walaupun antara KTA tanpa kartu kredit dan kartu kredit diberlakukan bunga keterlambatan, tapi jumlah keduanya berbeda. Kita ambil contoh apa yang ada di Tunaiku. Apabila Anda terlambat membayar cicilan dalam hitungan per bulan, maka bunga keterlambatan kurang dari 0%. Sedangkan di kartu kredit bisa lebih dari itu.

Limit kartu kredit yang cukup besar membuat banyak persyaratan yang harus ditebus oleh penggunanya. Besaran limitnya bisa lebih dari ratusan juta. Tergantung dari kesanggupan Anda pada waktu bayar tagihan kartu kredit. Sedangkan di KTA seperti Tunaiku, dana yang dicairkan maksimal 20 juta Rupiah.

Perbandingan dari Segi Rewards dan Promo
KTA tanpa kartu kredit bisa dibilang sebagai pinjaman minimalis yang serbaguna. Soalnya Anda bisa mendapatkan pinjaman senilai 2 juta Rupiah dan bisa dilunasi dalam waktu 20 bulan. Terkait promo dan rewards, mungkin masih kalah dengan kartu kredit. Maklum, hampir semua merchant berafiliasi dengan kartu kredit.

Namun ada fakta yang cukup menyedihkan, yakni sebagian besar orang mengeluhkan promo-promo tersebut. Berhubung datanya bukan dari bank atau penerbit kartu kredit, maka sangat rawan muncul promo abal-abal. Informasinya mungkin sangat luas dan disebarkan lewat beberapa aplikasi agregator. Tapi tidak sepenuhnya bisa digunakan oleh para pengguna.

Sebaliknya. Apa yang ada di KTA tanpa kartu kredit memang tidak banyak promo. Namun besarannya sangat menjanjikan dan berpotensi bisa dijadikan sebagai sumber pendapatan utama Anda. Di Tunaiku sendiri terdapat program khusus bernama Tunaiku Referral. Jadi, tugas Anda hanya membagikan kode referral untuk mendapatkan insentif dana.

Apabila kesempatan tersebut digunakan semaksimal mungkin, rasanya tidak sulit untuk mendapatkan pundi-pundi uang hingga jutaan Rupiah per bulannya. Asalkan Anda memiliki relasi yang cukup banyak dan rata-rata suka pinjam uang, mengumpulkan insentif dana tidak terlalu sulit. Artinya, seberapa besar insentif dana tersebut, tergantung dari Anda sendiri.

Perbandingan dari Segi Tingkat Keamanan
Kita semua tahu, bahwa kartu kredit itu pada umumnya diwujudkan dalam bentuk kartu gesek. Sama seperti kartu ATM yang telah diterbitkan oleh bank-bank konvensional. Hal tersebut justru memperbesar kemungkinan atau potensi untuk dicuri. Ketika jatuh di tangan orang lain, kemungkinan dibobolnya lebih besar ketimbang KTA.

Soalnya KTA tanpa kartu kredit tidak dalam bentuk kartu, melainkan dalam bentuk uang tunai. Sama seperti uang di dompet Anda atau di saku Anda. Keamanannya tergantung dari Anda sendiri dalam menggunakan uang tersebut. Selama proses pendaftaran hingga dana cair, kemungkinan dibobol atau disalahgunakan itu 100% tidak mungkin.

Tapi, ada kabar baik untuk Anda yang selama ini rajin menggunakan kartu kredit. Ada kartu kredit yang bisa didapatkan dengan cara gratis. Contohnya VCC yang merupakan kartu kredit dalam bentuk virtual. Jadi, kartu kredit tersebut tidak bisa dipegang. Namun bisa berfungsi untuk menyimpan uang dalam bentuk virtual dan dalam jumlah banyak.

Perbandingan dari Segi Besaran Bunga Pokok
Sudah tahukah Anda mengenai besaran bunga yang diterapkan oleh KTA tanpa kartu kredit? Berhubung jumlah dananya cukup terbatas, maka bunganya cukup kecil. Di Tunaiku sendiri hanya 3% per tahun. Sedangkan untuk kartu kredit, bunga per tahun bisa sampai puluhan persen karena limit di dalamnya besar.

Jika dibanding-bandingkan lebih jauh, memang KTA tanpa kartu kredit itu lebih unggul dari berbagai segi. Soal populer dan tidak populer hanya masalah waktu saja. Dengan berkembangnya teknologi serta arus informasi yang disampaikan secara digital, bukan tidak mungkin nantinya kartu kredit kalah pamor dibandingkan dengan KTA.

KTA Tanpa Kartu Kredit VS Kartu Kredit, Mana yang Terbaik? KTA Tanpa Kartu Kredit VS Kartu Kredit, Mana yang Terbaik? Reviewed by Admin on 21:57 Rating: 5

No comments

Post AD