Header AD

9 Saran Terbaik Untuk Kamu yang Ingin Memulai Jual Beli Rumah


Sebelum membuat sebuah keputusan, kamu harus mempertimbangkan banyak hal terlebih dahulu supaya tidak menyesal di kemudian hari. Apalagi jika itu suatu hal yang krusial dan membutuhkan biaya besar, seperti salah satunya adalah melakukan transaksi jual beli rumah. Rumah sebagai kebutuhan primer, tentu memiliki nilai penting bagi kamu. Karenanya, kamu harus berpikir secara matang ketika hendak menjual maupun membeli rumah, terlebih jika ini adalah yang pertama kali bagi kamu.
Ilustrasi
9 Saran sebagai Panduan dalam Memulai Jual Beli Rumah
Rumah adalah suatu barang yang menjadi impian setiap keluarga. Selain menjadi tempat tinggal, rumah juga memiliki nilai investasi yang sangat besar. Hal itu karena untuk mendapatkan sebuah rumah juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dan ketika menjual maupun membeli rumah, tentu kamu tidak ingin menyesal di kemudian hari karena mengalami kerugian bukan? Karenanya, kamu perlu membaca 9 saran untuk kamu yang ingin memulai jual beli rumah. Berikut adalah saran yang perlu kamu perhatikan:

1. Mengunjungi portal jual beli rumah
Saat ini sudah tersedia banyak portal yang bertujuan untuk jual beli rumah, maupun sewa apartemen, dan lain-lain. Hal ini tentu sangat memudahkan kamu karena bisa dilakukan hanya dengan menggunakan handphone saja. Kamu hanya perlu mendaftarkan diri pada suatu portal. Biasanya ada yang berbayar, namun juga ada yang mempersilahkan kamu untuk mempromosikan rumah secara gratis. Unggah foto rumah yang hendak dijual. Jangan lupa disertai juga dengan detail lokasi, luas tanah dan bangunan, harga, dan fasilitas apa saja yang dimiliki. Kamu juga wajib mencantumkan nomor yang bisa dihubungi.

Jika ingin membeli rumah pun sama halnya seperti menjual rumah. Kamu bisa mengunjungi portal jual beli rumah seperti yang seperti ini. Biasanya akan ada kolom pencarian pada tampilan awal. Kamu tinggal mengetikkan lokasi rumah yang kamu inginkan. Nanti, setelahnya akan muncul beragam pilihan rumah di lokasi yang tadi kamu ketik. Kamu juga bisa mencari secara lebih spesifik dengan melakukan filter rentang harga, detail luas tanah dan bangunan, dan fasilitas apa saja yang kamu inginkan.

2. Memasang iklan yang jujur
Kejujuran sangat penting untuk menjalin kepercayaan satu sama lain. Begitupun ketika kamu hendak memulai jual beli rumah. Kamu harus jujur dalam iklan yang kamu buat. Kamu harus mengatakan yang sebenarnya tentang bagaimana kondisi rumah, fasilitas apa saja yang dimiliki, dan juga daftar kerusakan yang ada. Begitu pun dengan kelengkapan dokumen. Kamu harus benar-benar memiliki dokumen yang lengkap dan sah. Jika kamu melakukan segalanya dengan jujur, kamu pasti akan lebih mudah dalam melakukan jual beli rumah karena semuanya akan berjalan lancar dan transparan.

3. Memilih waktu yang tepat
Ketika kamu ingin melakukan jual beli rumah, kamu harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memulai proses tersebut. Misalnya saja ketika kondsi politik sedang stabil, atau ketika kondisi perekonomian sedang meningkat. Nilai rupiah dengan kurs dolar yang stabil juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk kamu memulai jual beli rumah. Hal ini perlu kamu perhatikan supaya proses jual beli rumah kamu dapat berlangsung secara cepat dan mudah.

4. Cerdas dalam menentukan harga
Kamu harus menentukan harga berdasarkan lokasi dan luas rumah yang kamu miliki. Ada strategi cerdas yang dapat kamu lakukan untuk menentukan harga rumah. Misalnya saja pembeli dengan budget Rp. 440 juta pasti akan mencari rumah dengan harga di kisaran Rp. 425 juta sampai dengan Rp. 450 juta. Nah, jika kamu mematok harga Rp. 451 juta, rumah kamu pasti tidak akan muncul dalam daftar pencarian. Yang sebaiknya kamu lakukan adalah membuat kisaran harga Rp. 449 juta agar rumah kamu dapat muncul di hasil pencarian teratas. Contoh lain ada disini.

Begitupun halnya jika kamu ingin membeli rumah. Kamu bisa menentukan rentang harga yang kamu inginkan. Atau kamu juga bisa mencari rumah mana yang sedang ada promo atau diskon. Bahkan kamu juga tidak dilarang untuk melakukan negosiasi dengan pemilik rumah dengan cara menghubunginya secara langsung ataupun melalui nomor kontak yang tersedia.

5. Menyesuaikan dengan musim
Salah satu yang juga harus kamu perhatikan adalah menyesuaikan dengan musim. Seperti yang kamu ketahui, Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Pada saat musim penghujan, ada baiknya kamu memperbaiki atap, membersihkan selokan, ataupun memperbaiki jalan akses masuk. Hal ini untuk mengantisipasi rumah kamu dari berbagai kerusakan yang mungkin terjadi seperti atap bocor, jalan akses masuk becek, dan selokan tersumbat.

Sedangkan ketika musim kemarau, kamu bisa mengatur suhu ruangan dan membuka ventilasi atau jendela supaya ruangan tetap segar dan menarik bagi pembeli. Hal ini karena pada saat musim kemarau, suhu ruangan pasti akan terasa lebih panas dan berdebu.

Pada saat membeli rumah pun kamu harus memperhatikan hal diatas sebelum benar-benar memutuskan untuk membeli rumah. Periksa apakah rumah yang hendak kamu beli dapat menyesuaikan dengan kedua musim, atau tidak.

6. Menggunakan sistem cicilan
Bagi sebagian orang, membeli rumah secara tunai pasti akan terasa berat. Karenanya, kamu bisa menerapkan system kredit atau cicilan dalam pembayaran jual beli rumah kamu. Cicilan akan membuat proses jual beli rumah menjadi ringan dan mudah. kamu bisa menentukan harga cicilan yang harus disepakati oleh kedua belah pihak. Buatlah kesepakatan tentang harus menggunakan uang muka atau tidak, dan apakah akan ada suku bunga yang harus dibayarkan. Jangan lupa juga untuk menyertai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencicil hingga lunas, seperti misalnya 12 bulan, 24 bulan, dan seterusnya.

Jangan lupa untuk membuat surat kontrak jika proses jual beli rumah dilakukan dengan system cicilan. Hal ini supaya menjadi pedoman bagi kedua belah pihak tentang kewajiban satu sama lain dan pemberlakuan sanksi jika terjadi pelanggaran.

7. Jangan ragu untuk memberikan potongan
Sama halnya seperti mencari rumah yang sedang promo atau diskon ketika hendak membeli rumah, kamu juga bisa memberikan potongan dalam penjualan rumah kamu. Berikan potongan sekian persen di iklan. Kamu juga bisa memberikan potongan ketika pembeli melakukan negosiasi. Biasanya pembeli akan mengajukan penawaran potongan, dan kamu pun harus membuat kesepakatan tentang berapa persen potongan harga yang akan diberi. Dengan adanya potongan, minat pembeli pasti akan jauh lebih besar. Dan juga pembeli pasti akan berpikir bahwa kamu adalah penjual yang menyenangkan. Karena ada potongan yang harus kamu berikan, sebaiknya mark up dulu harga yang dipasang sehingga harga tidak akan terlalu jatuh setelah dikenakan potongan.

8. Menjadikan ladang berinvestasi
Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa rumah memiliki nilai investasi yang sangat besar. Baik dalam membeli maupun menjual rumah, keduanya bisa menjadi ladang investasi untuk kamu. Ketika membeli misalnya, kamu jadi bisa menambah daftar investasi yang kamu miliki. Sedangkan ketika menjual pun, kamu pasti akan memiliki modal yang nantinya bisa digunakan untuk berinvestasi lagi. Karenanya, perhatikan hal ini ketika kamu hendak memulai jual beli rumah. Pertimbangkan lokasi, harga, dan kondisi rumah karena itu bisa menentukan besar kecilnya nilai investasi yang akan kamu miliki. Apalagi nilai sebuah rumah cenderung akan terus meningkat setiap tahunnya.

9. Berinteraksi secara langsung
Memasang iklan melalui media online tentu menjadi kemudahan tersendiri bagi kamu. Tapi untuk hasil yang lebih akurat dan terpercaya, ada baiknya jika pembelian maupun penjualan rumah dilanjutkan dengan pertemuan secara langsung antara calon pejual dan calon pembeli. Dengan bertemu secara langsung, kedua belah pihak akan mendapatkan informasi lebih detail tentang kondisi rumah beserta isinya. Kesepakatan atau negosiasi juga akan berjalan lebih efektif dibicarakan secara langsung. Atau kamu juga bisa menggunakan jasa makelar rumah untuk saling menghubungkan kedua belah pihak.

Berpikir secara matang sebelum memutuskan untuk memulai jual beli rumah adalah kunci terbaik. Cara paling mudah mungkin dengan menggunakan portal jual beli rumah sebagai media pemasaran yang efektif dan efisien. Namun, kamu juga harus mempertimbangkan saran lainnya supaya proses jual beli rumah kamu berjalan lancar. Utamakan kejujuran, komunikasi yang baik, dan pengambilan langkah yang benar untuk proses jual beli rumah yang lebih sempurna.

9 Saran Terbaik Untuk Kamu yang Ingin Memulai Jual Beli Rumah 9 Saran Terbaik Untuk Kamu yang Ingin Memulai Jual Beli Rumah Reviewed by Admin on 23:47 Rating: 5

No comments

Post AD